Cari Blog Ini

Jumat, 01 Februari 2013

.::Senyum Itu Ibadah.:: (^_^)


Islam mengajarkan ummatnya untuk “tersenyum” karena senyum adalah sedekah dan oleh karenanya adalah bagian dari ibadah.

Pengertian sedekah tidak terbatas hanya pada materi saja. Senyum merupakan sedekah yang paling mudah tetapi juga bisa menjadi sangat sulit diberikan oleh seseorang.

Pada dasarnya, semua orang bisa tersenyum dengan siapa saja. Namun, kadang karena ketidakseimbangan fisik maupun mental membuat sebagian orang sulit untuk tersenyum. Senyuman itu dapat menggambarkan suasana hati seseorang.

“Senyuman yang tulus dari seseorang memberikan refleksi kejiwaan positif kepada orang lain. Seorang muslim selalu diajarkan agar memiliki sifat lapang dada dan senantiasa terbuka menebarkan senyuman kepada orang lain.

Lebih jauh tentang makna senyuman, seorang muslim yang tersenyum saja telah menebarkan kegembiraan dan kasih sayang melalui senyumannya. Sejalan dengan misi Islam menebarkan keceriaan di muka bumi ini.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wassalam telah memelopori pentingnya senyuman agar memberikan rasa nyaman kepada orang lain. Rasulullah pernah memotivasi para sahabatnya tentang makna senyuman itu.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh HR. Muslim, Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wassalam berpesan, "Janganlah engkau memandang rendah perbuatan baik itu sedikitpun, walaupun hanya menemui saudara engkau dengan muka manis/cerah (=Ramah Senyum)."

“Senyummu kepada Saudaramu adalah Sedekah” (H.R. At-Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Al-Baihaqi)

Senyuman kini telah dikembangkan menjadi sebuah terapi yang menyejukkan diri sendiri dan orang lain.

Senyuman dapat mempengaruhi penampilan seseorang sehingga orang merasa lebih dihargai dan terlayani. “Sungguh luar biasa ajaran Islam yang meletakkan dasar akhlakul karimah, “

Wallahu a’lam bish-shawabi.

SEMOGA BERMANFAAT !!! (^_^)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar